Bro, kebetulan siang ini dapat kesempatan mencoba Vario 125 iss milik teman sekantor yang masih kinyis2 (motornya lho ya ). Motor ini masih termasuk gress dibeli bulan july 2013. Yah, mungkin sedikit terlambat untuk mencobanya mengingat motor ini sudah lama di launching oleh AHM, namun apa boleh buat baru kali ini berkesempatan mencobanya.
Kesempatan kali ini hanya mencoba sekilas saja, motor digunakan riding dalam kota (metoda penggunaan harian). Dari segi desain, sudah tak perlu dipertanyakan. Honda dalam hal ini memang handal dalam mendesain motor yang sangat ciamik dan mudah untuk diterima oleh pasar, hal ini terbukti dari banyaknya pengguna. Desain memang cukup agresif dan paling futuristik dibanding kompetitor.
Kelar urusan desain, kali ini coba untuk menaikinya. Vario 125 ini memang termasuk gambot, dengan postur tubuh 165/60 dipaksa untuk ngangkang dan jinjit. Lalu mencoba untuk mengeuarkan dari garasi, terasa cukup berat untuk ukuran skuter matic.
Berikutnya tekan tombol starter, kaget bro, haluuuus banget, tanpa hentakan sama sekali, joss bro. Dari sini sudah mulai senyum2 sendiri menikmati fiturnya. Kemudian penasaran dengan tombol ISS-nya. Diposisikan ISS on, lalu diajak riding. Mesinnya cukup responsif, tidak meledak2 namun sangat nurut ketika grip gas diputar. Sebentar dibawa riding santai untuk beradaptasi. Bantingan suspensi kala dibawa kecepatan rendah sangat lembut, kemudian kecepatan sedang, masih lembuuuut. Salut untuk honda dalam hal kenyamanan.
Kemudian bertemu dengan lampu merah, saatnya mencoba ISS. Mesin mati dalam hitungan 4 detik. Nah, saat lampu hijau mulai penasaran seperti apa akselarasinya. Grip gas dibejek mendadak, wiiih nurut banget bro, yahud… Motor melaju sangat cepat dan haluuus. Namun akselarasinya masih dibawah kompetitor “YX” yang pernah dicoba dan punya dirumah (mungkin karena masih karbu jadi jauh lebih responsif IMHO). Mencoba untuk zig-zag, sekali lagi performanya masih dibawah kompetitor “YX”, namun vario 125 mampu mengimbangi dalam kestabilannya saat menikung.
Setelah dirasa cukup untuk mengeksplorasi, saatnya untuk dikembalikan pada yang punya (dalam hati masih ingin explorasi lebih dalam ). Dari sepintas riding vario 125 bisa ditarik kesimpulan:
Kelebihan:
– Bodi mantab (tebal)
– Stabil
– ACG Strater
– Injeksi
– suspensi yahud
– akselarasi lumayan
Kekurangan:
– Bodi berat
– akselarasi masih dibawah kompetitor
– manuver zigzag dibawah kompetitor,
Last, semua produk punya kelebihan dan kekurangan, namun honda dalam hal ini menyuguhkan banyak fitur yang tidak dimiliki kompetitor. Overall motor ini sangat worthed untuk dibeli, meskipun tidak 100 sempurna. Monggo dishare pendapatnya
lumayan berat mmg si Pario 125
http://bakulkangkungjpr1.com/2013/08/20/kampanye-safety-riding-yang-malah-berbahaya/
yoi2, tp jd stabil IMHO
belum pernah test ride 😦
yah nanti ada saatnya, sabar bro
pngn
pinjem punya temen bro
pernah makai vario 125, rata2 buat miring kurang pede, mungkin krena suspensinya terlalu lembut dan tinggi.
Terus standar samping juga terlalu pendek, kalau di standar miring banget
http://otoradians.blogspot.com/2013/08/review-menggunakan-yamalube-carbon-cleaner-kedua-kalinya.html?m=1
sering bonceng temen pake motor ini.kesimpulan:
1.jok kerasss
2.ngorok
3.jln 40 kpj nyendat
4.jok lumayan.
#ane ga berani boong mas.
wah mgkn yg generasi awal bro, yg saya coba yg baru, bebas ngorok n ngadat
no. 1 ama no. 3 udah ga ada lagi di new vario iss… cuma ga bisa diajak akselerasi aja, soalnya ni motor montok pisan, 😀
terlanjur beli yg vario125 biasa massbro
bebas masalah bro?? *ngorok n ngempos
Mantapp…
memang kenyamanan itu perlu, apalagi dalkot yang mwacetnya gak ketulungan. kalo sering disentak2 pas bawa motor, bisa2 pinggang lepas dari engselnya
salken ya gan 😀
wkwkwkwk, bener bro
salam kenal jg
memang lumayan ,..ada lebih n kurang 😀
yg lebih dari lumayan apa bro?
apa ya .. dl cuma ngetes beberapa meter doank blm pake lama 😀
masih ada ngorok gak om
udg ga ada bro, mesin haluuuusss
Kok masih jarang liat di jalan ya yg ISS banyakan liat yg non-ISS
mgkn di daerah tertentu bro
cocok untuk jarak jauh
klo soal desain emang ciamik ga ada lawan, tp urusan nyaman dikendarai sy pribadi merasakan lebih nyaman vario biasa, vario 125 jog keras bgt, asli langsung bikin gak nyaman trus jog tinggi seakan2 maksa lengan untuk mengendalikan stangnya.. beda ma vario lama, lebih pendek,lebih empuk,lebih kenceng tarikannya.
banyak yg blg gitu bro, paling enak malah vario yg pertama CMIIW
jok koyo lingguan dagang bakso……..atos ,panas bokonge ora tahan jalan jauh ,jemper
wakakaka ga segitunya kali bro
mantap
thanks bro
mantap broo… vario cbs iss.
siiipp
Lebih dari sekedar motor matic
sip bro
saya baru mau beli nih yang vario ISS nih, tolong saranya kalo sama kompetitor YMH Xeon dong bro… Makasih ya…
cari apanya dulu ni? klo nyaman n stabil ambil vario,
tp klo cari performa ambil xeon
tp maaf saya baru bs bandingkan dg xeon karbu, klo yg injeksi blm coba
tp itu pendapat pribadi, ngga mutlak benar jg, masing2 punya pendapat 🙂
klo ISS lagi on trus mesin mati. Nah kondisi lampu utamanya mati engga? kalo mati lampu bisa kena tilang donk ?
wah g merhatiin bro, tp sepertinya ikut mati, yg hidup yg lampu senja
nyala mas berooo
Saat mencoba vario cbs iss buat kluar kota yg saya rasakan emang kenyamanan terasa bget n suspensi lembut,apalagi wkt mlintasi kawasan hutan yg pnya medan penuh tikungan n tanjakan ok bnget..dsamping irit jg performa. Mantap….serasa naik mobil..
wah manteb bro, vario emg joss 🙂
pingin bngt tuh….. vafio cbs iss”nya lg ngumpulin duit nih Bro buat beli
dikredit bro krasa lbh terjangkau
Kelemahan viss klo ketemu polisi tidur suka mentok apalagi boncengan, pdhl kalo naek mio yg lbh kecil aja ga mentok, jarak bodi bawah ke aspal kurang ya cm 128 mm….. Cmiiw
wah iya to bro? padahal klo dinaikin termasuk tinggi ya
misi om, mau jual breket khusus vario 125, begel asli tetep terpasang
http://www.kaskus.co.id/post/5406ab56582b2e0e408b456d#post5406ab56582b2e0e408b456d