Kawasaki Menggila…

kawasaki logo

Bro sekalian,
Dua hari ini sedang ramai dibicarakan akan diluncurkannya ninja 250 dalam engine 1 silinder. Beberapa blogger kondang sudah ramai membahas tentang hal ini. Menarik untuk kita kupas bersama ada apa dibalik strategi kawasaki yang satu ini. Lumrahnya kawasaki menghadirkan sebuah produk yang lebih superior dibanding kompetitor, namun kali ini malah kawasaki mencoba untuk menyetarakan engine dengan kompetitor, dalam hal ini honda CBR 250 R.

Mengapa kawasaki melakukan hal ini?
Mari kita coba kupas satu persatu kemungkinan yang menjadi penyebab dibaliknya.

ninja 250

Market

Market yang dimiliki oleh Honda CBR meskipun tidak sebanyak ninja, tetap saja akan menggiurkan untuk direbut oleh kawasaki. Mungkin akan mengambil sebagian kecil dari pasar CBR, namun tetap saja jika dikalkulasi total lumayan banyak jika digabung dengan penjualan ninja 2 silinder. Sebagian pangsa pasar motor kubikasi 250cc adalah user pemula yang akan naik kelas dan belum pernah sebelumnya menggunakan engine multi silinder. Nah hal ini yang dilihat honda sebagai peluang untuk dimanfaatkan. Agar tidak terlalu kaget saat naik kelas, honda menyuguhkan engine 1 silinder yang halus dan tidak mengagetkan ditambah dengan fitur2 lengkap yang tidak dimiliki kompetitor. Kawasaki berusaha untuk ikut terjun dalam pasar ini.

Engine
Honda dengan CBR250Rnya mempunya pasar tersendiri dengan amunisi yang secara kasat mata lebih inferior dibanding Ninja 250 namun tetap saja ada penggemarnya. Dalam hal ini honda dengan engine single silindernya menawarkan responsifitas engine yang lebih menonjolkan torque yang tidak dimiliki oleh ninja 250. Amunisi lainnya yaitu sistem pengabutan bahan bakar injeksi (Namun sekarang ninja juga sudah menggunakan sistem serupa) dan juga sitem pengeraman ABS.
Kemungkinan ninja 1 silinder akan dihadirkan dengan spesifikasi yang head to head.

Ajang Balap IRS

Tak bisa dipungkiri, dalam balap 250cc terlihat honda CBR lebih superior dibanding ninja. Kawasaki berdalih regulasi balap lebih menguntungkan engine single silinder sehingga ninja yang mempunyai engine 2 silinder seperti dikebiri kemampuannya hingga tak mampu mengeluarkan kemampuan maksimalnya. Hal ini menggelitik kawasaki untuk membalas dengan juga menelurkan engine 1 silinder hingga kompetisi akan menjadi lebih sehat. Tentu ajang ini salah satu ajang untuk unjuk Kebolehan 2 pabrikan besar ini dalam hal Balap bergengsi engine 250cc.

Last, bahasan tadi hanyalah pendapat pribadi saya dalam mengamati langkah pabrikan yang berkompetisi di tanah air, bisa benar dan bisa juga salah, monggo di share pendapatnya bro…

Akan menyusul artikel berikutnya membahas tentang perkiraan Desain, Harga, Engine dan juga Ergonomi,
STAY TUNE…

20 thoughts on “Kawasaki Menggila…

  1. didik

    Secara market, segment ini kecil pak, tapi membawa brand. Sebagai flag ship, tentu akan berpengaruh pada segment lainya. Terlepas Honda adalah brand dewa di negeri ini, tapi Ninja juga mindsetnya kencang. Soal IRS saya kira kawasaki gak ambil pusing, karena semua tahu kalo itu ada sejuta faktor untuk bisa memimpin . Tapi bisnis adalah keuntungan, adalah uang. Jika bener Ninja bertransformasi ke 1 silinder, semata2 hanya memberi pilihan lebih pada calon konsumen. Jangan sampai ada pelanggan yg masuk ke dealer kawak keluar lagi tanpa ada clossing, hanya karena yg di cari gak ada.
    Kepanjangen ya mas. udah ah besok lagi

    Reply
  2. umarbakri......

    lebih kearah market klaw menurut saya,,,
    secara konsumen bisa milih mau yang satu silinder atau 2..
    kan secara harga juga beda,,gak setiap orang punya dana berlebih tapi setiap biker pasti pengen motor keren,,
    jujur bentuk cbr 250 gak kena dihati (IMO)
    tapi klaw ninja mau yang karbu ataupun injeksi,,bentuknya keren…
    apalagi kalaw make nama ninja beuh tambah punya nilai buat dibeli..

    salam kenal

    Reply
  3. arnaz

    Honda belum serius aja main di kelas ini. kalo serius, paling sport kawasaki tinggal nama kayak bebeknya. kwasaki kan kayak importir umum, la klo honda sdh produksi di mari, lenyap tu kawasaki. jangan lebaylah nganggap ninja paling superior, secara global market, CBR lbh laku dan value.
    orang indonesia aja yang lebay terlalu menganggap 2 silnder lbh baik dari 1 silinder. moto3 itu satu silinder bung!

    Reply
    1. irza4627 Post author

      sabar bro, artikel ini kn cm bahas realita persaingan diindonesia dimana mindset orang kita yg lebih banyak selalu lebih baik (2silinder vs 1silinder),
      dan klo masalah motogp itu beda lagi ceritanya bro, peace :mrgreen:

      Reply
    2. kodokijo

      Iya bro, emang motor2 Ninja msh diimpor dr Thailand, tp ingat bro, kl gak ada KMI yg jualin di sini kpn konsumen Indonesia bisa nyicipin motor sport 2 silinder??? Beli dari IU? Berapa x lipat harganya bro? Itu aja pertanyaan saya. Jgn anda berpikiran sempit, fanatik buta ama merk, realistis dikit kl jadi manusia, gak usah sok nasionalis lah…
      Kapan Indonesia bisa nyicipin motor2 global yg keren dgr harga yg lbh bersahabat? Nungguin AHM yg masukin ke sini? Ngimpi bro…ngimpi… main di kelas 250cc aja cuma ikut2an KMI, mentang2 lht penjualan Ninja 250 lumayan trs ikutan jualin di sini. Malu kl pabrikan sebesar AHM ngekor/nunggu dibukain jalan ama pabrikan kecil seperti KMI. Harusnya yg paling besar/kaya yg duluan jadi pelopor, bknnya pengekor. CBR 250 juga impor dr Thailand, sama aja kan?

      Reply
    3. ongky

      Itu fakta dilapangan bro. Honda kalah sama Kawasaki dikelas spprt 250cc
      Honda dgn single silindernya gk mampu lawan Nonja yg twin silinder. Hanya dikejurnas 250cc aja honda bisa menang toh kemenangannya sarat dgn kecurangan
      Jika honda yg menang gak pernah discrud hanya seri 1 musim 2012 honda dibuka bagian trptle bodynya aja bagian mesin yg lain gk dibuka seri 2 musin 2012 Ninja menang dibuka sampai headnya oleh petugas scrud
      Ini semua menunjukan jika honda bermain kotor dikejurnas
      Saya yakin seyakin yakinnya jika honda mesinnya dibongkar pasti kena diskualifikasi

      Reply
  4. Toejah

    Menurut gw, keluarnya Ninja 250 1 silinder ga menggunakan perspektif di Indonesia tapi melihat secara global. Dimana secara global Ninja 250 kurang laku dibanding CBR250. Honda lebih tajam dalam melihat peluang. Kawasaki salah perhitungan dengan megeluarkan N250 2 silinder, di Indonesia mungkin lebih laku karena ga ada produk diatas itu (yg harganya mendekati)..tp diluar sana 250 2 silinder adalah motor tanggung karena byk motor 4 silinder yg harganya ga terlalu jauh. Sekali lagi..ga mungkin kawasaki keluarin motor karena IRS atau cma liat pasar di negara ini. Intinya karena produknya ga laku! ini hukum dagang brow…CMIIW

    Reply
  5. hatake

    kl menurut sya sih, kemungkinana kawasaki buat ninja 250 1 silinder untuk gantiin yg 2 silinder. Dan 250 2 silinder di hapuskan krn pasar global ud ad ninja 300 2 silinder.

    Reply

Leave a reply to Toejah Cancel reply