Test milleage suzuki satria FU

Bro, setelah kemarin blog ini sempat kena suspend oleh wordpress, akhirnya blog kecil2an ini bisa beroperasi lagi:mrgreen: . alhamdulillah sekarang kembali bisa blogging🙂

bro2, berbicara tentang satria FU, menggendong mesin DOHC 6-speed, motor ayago ini punya power yang lumayan untuk kegiatan harian, bahkan mungkin sedikit berlebihan:mrgreen: . untuk penggunaan harian di jogja, power 16Dk dirasa sudah lebih dari cukup untuk mengantar pemakainya (saya:mrgreen: ) wara-wiri puter2 keliling2 kota. Tenaga ngisi terus dari bawah sampai atas membuat ayago ini sangat bisa diandalkan dalam mengejar waktu (telat berangkat kuliah / kerja:mrgreen: ) dan juga sangat lincah dan selap-selip saat waktu kepepet. tendangan diputaran atas juga mantab, banyak yang bilang klo satria dibawa ngebut serasa melayang, tapi IMHO punya saya tidak mengalami gejala itu sama sekali (mungkin karena postur tubuh:mrgreen: )

Dengan tenaga yang “lumayan”, konsumsi BBM tentunya menjadi salah satu pertimbangan dalam meminangnya. artikel kali ini memberikan gambaran konsumsi BBM harian satia FU. Metode yang digunakan mungkin sedikit berbeda dengan yang dilakukan blogger2 kondang (full to full). dalam artikel ini menggunakan metode 5000 to 5000:mrgreen: . Ya, isi premium Rp5000,- (1.1 liter) dipakai sampai indikator sekarat baru diisi lagi.

indokator awal odometer menunjukkan angka 18960.9km lalu diisi 5000, indikator menunjukkan 2 bar. dipakai muter2 sampai indikator berkedip menunjukkan BBM akan habis. isi premium 5000 buat aktifitas dari rumah ke kantor cukup untuk 3 hari:mrgreen: .

setelah indikator sudah kedip2 buru2 mampir SPBU terdekat dan kembali jepret indikator bahan bakar. Indikator menunjukkan di angka 18997.0km. jika dihitung2 18997.0 – 18960.9 = 36.1 km. Premium Rp5000,- dihabiskan setelah menempuh jarak 36.1km, konsumsi rata2 menjadi 32.523 km/liter. Mmmm boros atau irit nih??? relatif bro…

belum puas, setelah diisi 5000 lagi, motor diajak muter2 lagi sampai indikator berkedip lagi. odometer menunjuk di angka 19031.5. jika dihitung lagi berarti sudah menempuh jarak 34.5km. kembali di bambil rata2 diperoleh konsumsi BBM 31.36 km/ liter.

Last, konsumsi BBM ini murni harian dengan kondisi kombinasi kecepatan rendah, sedang dan tinggi. dengan rata2 32km/liter saya rasa masih cukup masuk akal mengingat power yang ditawarkan. Tetap saja relatif ya bro, ada yang bilang boros dan ada yang bilang irit. Namun bagi saya pribadi, konsumsi BBM segini sudah cukup irit.
lain waktu saya coba ulas penggunaan BBM pertamax…
Gimana menurut bro semua?? silakan dishare pendapatnya.

98 thoughts on “Test milleage suzuki satria FU

  1. EWOX

    Klo mnurut q trgantung cara bawa dan medannya bro. konsumsi antara 1:29 s/d 1:32. lebih dr 1:32 mgkn yg bw cewek jd ejoy bwnya. bisa lbh irit. sgitu dah irit mz bro Masih boros SP repsol q. sbenarnya tdk ada yg boros jika sesuai dg power yg dmuntahkan jd SP juga irit krn power skitar 40bhp. itu pnilaian dr saya mgkn bda dg mz bro lainnya

    Reply
      1. irza4627 Post author

        saya blm coba ngitung pke pertamax bro, bsk2 coba saya buatkan artikelnya…
        BTW ninja ss kn minumnya dua bro (bensin + oli samping):mrgreen: bcanda bro

  2. gasfuel

    dulu.fu ane masih std jg gtu bro,, pake pertamax dapetnya 34-35kpl,,dalkot,36-37kpl luarkota, tp stelah PJ dan MJ diganti dan setting afr di 1 1/4 putaran, jadi lebih irit bro
    utk dalkot rata2 39kpl, luar kota bisa tembus 44kpl,,
    dan dari rpm bawah udah berasa enteng tarikan mesin. Ga spt waktu pj mj msh std tarikan rpm bwah seperti tertahan, diatas 5rb bru mulai enak.

    Reply
      1. gasfuel

        PJ 17,5 punya shogun 110, MJ 115 punya new MX,
        lupa nambahin bro,, fu ane taon 2010 akhir full std,

  3. mantan alay

    boros bnget tuh… aplg bobotnya ringan jd tenaga 16dk harusnya enteng ngangkat bobotnya, harusnya jg lbh irit dong..
    bandingkan dg tiger yg tenaganya nyaris sama 16,8dk tp bobotnya jg lumayan yaitu 137 kg ditambah berat rider kok bs 40km/liter? pdhal volumenya 200cc lho…L harusnya lbh boros dong dr satria alay fu…

    Reply
  4. wong uedan

    Coba pake metode full to full tapi dipake setengah lalu isi full lagi… pasti dapet lebih irit n bisa dipake rp5000 to rp5000 hanya ngisi pertamanya aja yg perlu rp15rb

    Reply
  5. hailwood

    lumyn irit utk ukuran FU, sekelas dg pulsar ane yg 53-56km/ltr rute kombinasi speed 60-80km/h…
    btw mirip sama RX King sy dulu yg skitr 35km/ltr, kalo speed dbwh 70 km/h bs dpt 40km/ltr

    Reply
  6. hailwood

    lumyn irit utk ukuran FU, sekelas dg pulsar ane yg 53-56km/ltr rute kombinasi speed 60-80km/h…
    btw mirip sama RX King sy dulu yg skitr 35km/ltr, kalo speed dbwh 70 km/h bs dpt 40km/ltr …

    Reply
  7. G-sonk

    2010 bw FU motif kembang2 Test 1liter d tangki Jalanan Kota sampai hbs ketemu 1: 33-34 km/l , jalan rata2 60-70an !!
    Sekarang pake Shogun NR , 1:53an km/l ,metode test 1liter d tangki sampai habis kec-rata2 70-80km/jam(semarang-pati) !

    Reply
      1. G-sonk

        Iya Bro ,! Mereka2 yang bilang FU ngleyang ,itu g prnah pake FU ,kenyataanya lari 120an di jalur pantura sambil lepas tangan 1 !!

        Klo zaman gini 2tak kykny udah kadaluwarsa

      1. axo92

        meleset 1 bulan..😆 *dasar tebakan saya, striping kayak gitu kan edisi 2010, tapi kok platnya udah plat gede. nah, plat gede kan mulai april 2011.:mrgreen:

        wah, kurang tau juga bro..🙄
        iseng2 nyeting2 sendiri aja…😆

    1. irza4627 Post author

      ya jelas irit pikson lah bro:mrgreen:

      dulu pernah coba FU BU punya teman, lebih irit bro, 10rb bisa untuk 90km… klo dihitung2 90km : 2.2liter = 40.9km/liter

      Reply
    2. G-sonk

      Untuk ukuran 150cc injeksi Vixi termasuk tidak irit ,!
      Karna settingan injeksi vs karbu standart pabrik – ,seharusnya Vixi power lebih gede+ bbm lbh irit !
      Lihat di Vario 125 vs Vario karbu .irit mana ?
      Lihat inazuma walau 250cc iritnya kyk 150cc karbu !

      Reply
  8. G-sonk

    Untuk ukuran 150cc injeksi Vixi termasuk tidak irit ,!
    Karna settingan injeksi vs karbu standart pabrik – ,seharusnya Vixi power lebih gede+ bbm lbh irit !
    Lihat di Vario 125 vs Vario karbu .irit mana ?
    Lihat inazuma walau 250cc iritnya kyk 150cc karbu !

    Reply
  9. G-sonk

    Supra FI Vs Supra karbu irit siapa+power gd siapa ,
    Untuk ukuran 150cc injeksi Vixi termasuk tidak irit ,!
    Karna settingan injeksi vs karbu standart pabrik – ,seharusnya Vixi power lebih gede+ bbm lbh irit !
    Lihat di Vario 125 vs Vario karbu .irit mana ?
    Lihat inazuma walau 250cc iritnya kyk 150cc karbu !

    Reply
    1. irza4627 Post author

      sabar bro, untuk membandingkan irit borosnya kn tidak hanya berpatokan pada injeksi/tidak, cc besar/kecil… banyak hal yg bisa mempengaruhi irit atau tidaknya suatu produk CMIIW

      Reply
  10. ricky

    Mileage Fu memang berkisar 1:30 – 1:35 utk pemakain santai…. kalo buat kejar2an ya bisa 1:25, bahkan kalo sering gas pol malah dibawah itu….
    Btw Fu yg powernya 16 HP adl fersi CBU thailand… Yg dah CKD indonesia powernya cuman 14 koma sekian, tp dibrosur ditulis 16😀 ….

    Reply
  11. sansiro

    Jupiter mx sya 1 liter dpt 41(pemakaian rpm tinggi) soalny sering pulang malem jdi sering top speed.:D

    Kalo ninja 250 karb sya 1 liter pertamax cuma dapet 21 km.. .:(
    Minumnya bnyak banget si ninja.
    Mungkin settingan spuyer stlah ganti knalpotnya ga pas.:(

    Reply

monggo share pendapatnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s