Test Milleage Yamaha Xeon 125

Bro, minggu kemarin saya berkesempatan untuk pulang kerumah mertua di kebumen. Kebetulan istri saya punya motor Yamaha Xeon125 dan lebih senang riding untuk pulang jika dibanding pakai bis/mobil. Skalian saja saya bikin artikel tentang milleagenya. Oh iya istri saya menamakan motornya dg nama “momo” :mrgreen:
xeon1
berangkat dari jogja, kemudian berhenti di SPBU di ambar ketawang. Jepret dan Catat odometer awal di angka 7384.4km. Kemudian diisi premium sebanyak Rp12.000,- (2.67liter).
xeon2

DSC_0076

Kemudian lanjut perjalanan menuju kebumen city :mrgreen: . Kondisi jalan cukup sepi dan rata. Dijalur ini saya patok kecepatan konstan dan tidak lebih dari 80km/jam dan menarik gas secara halus. puntiran gas dijaga agar hemat bahan bakar, saya menjuluki mode riding ini “eco-speed” (kencang namun irit :mrgreen: ).
Sepanjang jalan jogjakarta kondisinya sangat baik, mulus dan minim jalan berlubang. Dijalur ini banyak ngebut bro, namun saya santai saja yang penting safety riding :mrgreen: .tp begitu masuk purworejo waduh maaf jalannya sangat tidak memadai (saya lewat jalan daendles). lubang dimana2 dan jalan tidak rata yang sangat merata (jelek semua). di jalan ini sulit untuk menjaga putaran gas dengan konstan, mau tidak mau ya jadi seperti stop and go. Bensin lumayan terkuras disini bro. Tapi setelah masuk kebumen jalan kembali rata dan halus, putaran gas kembali bisa terjaga.

Begitu momo sampai di tempat tujuan ternyata bensin masih sisa banyak, alhasil sisanya dipakai buat riding harian stop and go dan ga jaga gas alias dipakai normal. Dibawa muter2 sampai indikator menunjuk di jarum yang sama waktu jepret awal keberangkatan.
xeon4

odometer ternyata menunjuk diangka 7492.0km. Kalau dihitung2 7492.0-7384.4 = 107.6km. kalau dirata2 berarti 107.6/2.67 = 40.3 km/liter. Boros atau irit bro?? relatif :mrgreen:

Last, metode saya memang berbeda jika dibanding metode blogger2 kondang, jadi mungkin masih banyak kekurangan disana sini, jadi monggo dishare pendapatnya

63 thoughts on “Test Milleage Yamaha Xeon 125

  1. sean

    Kurang tepat mase menurutku. Aturan metode pop up. Jauh lebih akurat.. Itu kondisi ngga dijelaskan, sendiri atau boncengan.. Saya pernah pakai metode pop up untuk vario CBS 110, seliter premium dapet 38km jalanan jakarta boncengan. Stop and go anywhere.. Cukup boros dibandingkan sama kambing garut gwe boncengan pertamax seliter 45km.

    Saya hapal betul jalanan yang saudara sampaikan di atas. Betul trak yogya sampai purworejo sangat enak untuk gas pol. Saya sendiri pernah balap sama Mega pro primus, dan MX dan keduanya cuma saya kasih gigi 4. Jalanan panjang nan lengang sangat cocok untuk karakteristik mesin overbore..

    Impresi terhadap blog anda saya suka.. Mantabbb

    Reply
    1. irza4627 Post author

      Gini bro,kondisi motor standar,berboncengan dg total bobot sktr 110kg,gas saya patok konstan saat jalan mulus di 70-80,waktu jalan jelek naik turun 30-50kpj,bgitu smpe kebumen baru dipakai harian stop n go…
      Btw makasih bro responnya :D

      Reply
      1. sean

        Woww.. Ok.. Motor metik akan berasa normal konsumsi BBM di lalu lintas tanpa kemacetan. Namun ketika jalanan sering kena macet, baik lampu merah ataupun perbaikan jalan atau yang lain2, metik akan terasa sangat boros.

        Karena stasioner disetel di RPM 1600, bandingkan sama bebek yang hanya 1200 dan motor sport berkompresi lebih dari 10, yaitu diangka 1400.

        Ada baiknya semua metik dibuat Idling Stop System. Kaya di PCX. Tapi investasinya mahal.. Hahahah

      1. 2in4

        mioku..gak tau mio yg lain..
        setelan angin 2 putaran.. busi agak renggang.. penggunaan gas jangan disentak macm 2 tak.. slowly but sure.. (juga jangan ada jalan macet :P )

  2. axo92

    mantep mas.. eh tapi sekedar info aja ya mas, kalo beli bensin buat ngetes kayak gini, mending sebaiknya, jangan di ambarketawang. antara yg dibayar sama yg masuk ke tangki ada selisih yg lumayan… :oops: *bukan mau menjelek-jelekkan, tapi pengalaman. masih mending SPBU Sedayu.. :cool: kalo yg meteran bensinnya mantep tu SPBU COCO Adisutjipto. *bukan promosi
    lumayan irit mas.. kalo saya pake mio 2007 yg juga buat harian di jogja, ngegas gila2an, gaspol terus, main2 gas buat nyalip2 mobil, pokoknya bisa dibilang kurang motorsiawi ( :oops: ), bisa dpt 1:50. :cool: :mrgreen:
    tapi metode yg dipake kurang presisi mas. lebih pas kalo dari jogja ful, dipake muter2, terus diisi. nah volume bensin yg diisi yg diitung… :)
    saya asal kutoarjo, kelewatan klo ke kebumen. :mrgreen:

    Reply
  3. Aruna Hayata Nikimura

    aku pake suzuki hayate125.
    konsumsi bbm antara 34-40 kpl.

    paling boros 34
    paling irit 40
    (premium)
    tergantung kondisi jalan dan muatan.

    Reply
  4. someone

    lumayan irit ya ternyata xeon kalo cara berkendara nya ‘pas’,
    pnya kakak ane cma 33, sekian(lupa :D) cara ridingnya Stop and go, trus bentot gaspoll trus , soalnya Xeon Asik kalo buat Accelerasi (maklum gan jiwa muda :D )hehehe

    Reply
  5. joko

    angka segitu irit lah buat xeon apalagi cuma diisi premium,
    tuh motor rivalnya yg juga 125cc kalo diisi premium businya bisa mati dan ngorok, baru irit kalo diisi pertamax yg harganya 2xlipat lebih dari premium. irit secara konsumsi bbm/liter namun tidak irit di kantong. alias iritnya terselubung.

    Reply
  6. Aruna Hayata Nikimura

    spin kan berbody kecil.
    jd mesin tdk ngoyo bawa beban bodynya.
    beda dg hayate yg berbody montok.

    Reply
    1. irza4627 Post author

      Nanti kapan2 dibikinkan artikelnya bro… tp dl pernah saya coba sktr 110kpj, tp denger2 xeon kalibrasi speedometernya lebih akurat dibanding matic lain… dl saya coba salip v*rio sama2 diangka 100kpj bisa kesalip dg mudah :mrgreen:

      Reply
      1. SuRyA

        saya dapet segitu mas. dengan kondisi selalu stop n go lalu narik sejadi-jadinya hehehhe… jarang jalan pelannya mas hehehhe :)

  7. puwi

    Ikut review dikit mas.. :)

    Pengalaman ane pake Vario Absolute 110 (2009) selama 3 tahun, konsumsi bensin premium 1 ltr = 38-43 km. Kalau baru servis bisa 43 km/ltr, kalau udah perlu servis (rutin) biasanya capaiannya cuma 38 km/ltr, itu terjadi biasanya 3 bln setelah servis.

    Sekarang pake Vario Techno 125 minum premium/pertamax (oplosan RON 95+88 1:1) 1 ltr nyampe 50 km.

    Pengujian kedua matic di atas dilakukan rutin, bahkan hampir tiap kali ngisi bensin selalu diingat berapa km waktu pengisian sebelumnya.

    Kondisi V125 ane masih inreyen, belum servis 1. Mungkin karena masih belum disetting, jadi masih belum bisa ngerasain capaian kayak Kang H.Taufik di link sbb:

    http://tmcblog.com/2012/05/03/dibawa-multitrip-non-eco-riding-honda-vario-125-tembus-508-kmliter-premium/

    http://tmcblog.com/2012/04/16/dibawa-pp-ecoriding-bogor-depok-bogor-honda-vario-125-tembus-6977-kmliter-premium/

    Sekian laporan singkat ane.. :)

    Reply
  8. 46@sukses.com

    Bnyak yg blum tau..kalo xeon itu kencang..mo tanya bro,pengeremannya gmana? Nyaman apa masih bisa ngesot!! Trauma pke bebek,gaspoll rem ndadak ngesot..

    Reply
  9. Udin lagi ngantor sambil makan kupat tahu

    1 liter dapet 40 km sih termasuk kategori boros kalau pakenya keluar kota yg notabene gak ada macetnya. Tapi kalau tenaganya enak sih gak masalah dapet kilometer segitu..

    Reply
  10. achmad sya'roni blog

    punya bapakku lebih boros, sekitar 35km/l dengan ‘aggresive riding’.

    saran saya, harusnya pertama berangkat diisi full dulu, terus sampai tujuan diisi full lagi. disitu kelihatan bensin yang terpakai selama perjalanan=jumlah yang dibayarkan saat ngisi di tujuan:4500. kalo ngandalin posisi jarum yang sama sepertinya kurang valid jika dibandingkan dengan metode ‘full to full’

    Reply

monggo share pendapatnya

