having fun with CBR150R

Bro, setelah menjalani pekan2 yang melelahkan dengan dikejar banyak deadline, akhirnya bisa update lagi blog kecil2an ini :mrgreen: .
artikel kali ini cuma mau share pengalaman saya ketemu temen sesama DOHC yaitu Honda CBR150R :mrgreen: .
cbr-150r

jadi ceritanya begini, lagi riding santai pulang dari aktifitas sehari2 melewati jalan Gejayan(Jogja) yang super macet klo jam2 pulang kerja,matic2 meliuk2 nyelip2 membelah kemacetan. Saya masih santai saja riding di kecepatan 40-50kpj. Tiba2 dari belakang terdengar suara drrrrrroooooommmmmmm…. intip spion eh ternyata CBR 150R dengan knalpot racing ngacir ikut2an matic meliuk2 :mrgeen:. Doi begitu gesit membelah kemacetan, dalam hati iseng2 ah ngikutin dari belakang, hingga akhirnya bertemu di lampu merah. Sambil nunggu lampu merah tengak tengok kiri kanan, begitu lampu hijau CBR langsung melejit wuuuurrrr…. “ikutin lagi :mrgreen:
CBR150
saya masih nguntit dibelakang, manteb juga CBR tarikannya bro, sepertinya sangat ringan. Lalu sang joki ngintip spion dan lihat motor saya, eh malah dia panas, makin tancap gas dia ngacir lagi. Dalam hati, coba saja sekalian, jarang2 CBR ngebut, biasanya rider CBR sopan2 kalem2 :mrgreen:. Saya juga ikut puntir gas dalam2, namun tetap safety riding dan mengikuti marka2 dan peraturan lalu lintas bro.
akhirnya ketemu di belakang mobil, dia ganti gear lebih rendah dan gantung rpm, saya pun juga sama. Pindah gear 2 dikecepatan 40kpj gantung rpm dan siap2 melaju. setelah keadaan depan aman dan setelah lebih dulu menghidupkan sein tanda mau menyalip, kami saling tancap gas, CBR melaju lebih dulu diikuti dengan saya. Namun yang terjadi CBR seperti flat/datar tarikannya, dengan mudah saya overtake. Saya tarik dalam2 throttle diikuti suara meraung dibelakang saya suara CBR, ganti gigi 3 lalu 4 dan 5 tp malah CBR semakin menjauh. Ketemu perempatan, turunkan kecepatan lalu ngedim dan klakson dua kali lalu tancap gas lagi. Saat ketemu perempatan CBR sudah mendekat lalu tak mampu mendekat lagi setelah saya tarik gas lagi.
Namun sayang, jalan yang kami lalui termasuk trek pendek, mungkin hanya sekitar 1km kurang lebih, denger2 CBR ganas klo sudah putaran atas ya bro. Mungkin klo trek lebih panjang bisa beda cerita ya :mrgreen: . Ditrek pendek mungkin FU sedikit lebih unggul, soalnya FU dari 0-130 termasuk cepat digapai namun klo sudah 130kpj sedikit berat untuk naik. Mungkin CBR klo sudah 100kpj keatas makin ganas (maaf klo salah, soalnya belum pernah pake CBR :mrgreen: ).
Last, ini bukan artikel bakar2an bro, cuma mau share sedikit pengalaman ketemu temen DOHC di trek pendek…
MOnggo dishare pendapatnya.

90 thoughts on “having fun with CBR150R

  1. pangben

    Mantab bebek super emang jos 😀
    Pernah coba juga nih old cbr sama fu, cbr baru mulai ngejar waktu gigi 3 keatas huehehe
    btw cbr emang lemot mas tarikan awalnya walopun udah gantung rpm masih kaya ngedrop gitu tenaganya kalo langsung di puntir apalagi yang all new.
    Kalo yang old tarikan masih lebih responsif lah soalnya emang bobot beda lumayan (115kg vs 13xkg CMIIW)
    Tapi kalo atasnya all new cbr baru beringas mas, pernah coba tes old cbr sama new cbr pertama old unggul tapi lama2 kekejar. Tapi lumayan lama ngejarnya trek lurus jauh 🙂
    ini berdasarkan pengalamanan ya jadi IMHO sama CMIIW :mrgreen:

    Reply
      1. afif

        CB150 gir belakangnya katanya beda sama CBR (katanya supaya tarikan bawah lebih nendang). Kita tunggu saja hasil testride-nya. Semua info spek tentang mesin CB150 masih simpang siur.

  2. Nasroen

    Eakakakak… Kalo CBR 150 aja lemot, gimana
    nasib adiknya CB15? tambah parah keknya,
    Wakakakak…
    Reply ↓

    Reply
  3. Nasroen

    Eakakakak… Kalo CBR 150 aja lemot, gimana
    nasib adiknya CB15? tambah parah keknya,
    Wakakakak…
    Reply ↓
    IRZA4627

    Reply
  4. Slow_Down

    pingin cuba Cbr 150 sama Fxr 150.

    sama2 sport fairing 20ps, & Fxr trnyata pake karbu lebih besar Mikuni Bs29. 😀

    Reply
  5. mr. asli

    satria fu top speednya cuma120an kpj masbro… yg ada di speedo bawaanya itu penyimpangannya sangat besar sekali alias nipu, mungkin tujuannya suzuki utk safety kali (safety psikologis) pernah dijejerin dg vixion gas pol kok disatria nunjukin 147kpj tp divixion cuma 132kpj padahal jejeran lho masbro (riding di pantura batang).
    yg jd pertanyaan ane meski sama2 DOHC tp pasti ada bedanya dong? klo ane blm pernah buka cyl headnya fu tp klo cbr udah liat ternyata DOHCnya jumlah camnya cuma 2 artinya 1 cam menumbuk 2 klep lewat semacam tuas mirip rocker arm (aneh memang DOHC kok rocker arm) beda dg dimobil DOHCnya tiap silonder camnyapun ada 4 artinya 1 cam melayani 1 klep.
    bgmn dg satria fu?

    Reply
    1. irza4627 Post author

      Santai bro,artikel ini ga bahas topspeed kok,cm share akselarasi… masalah speedo g real saya rasa semua klo on speedo emg g ada yg jujur… masalah buka2 mesin saya kurang paham :mrgreen:

      Reply
      1. juan

        Sy pernah adu tarikan dgn FU di bypass krian. Menggunakan pulsar 180cc. Tarikan awal menang pulsar, stlh kecepatan 100kpj speedo pulsar…tuh FU bisa sejajar dan kmdn lewati dikit….begitu topspeed sy naik di +-115 jarak dgn FU ngga bertambah….dan keliatannya topspeed sama…..

      2. juan

        Speedo pulsar generasi lawas 2007-2008 spt pny ane emang lbh kecil angka spido dibanding motor yg lain pada kecepatan sama….tp produksi 2009 (spido putih) keatas udah dikalibrasi lg mirip2 motor jepang….pny ane udah modifan mesin bro, kem, bore up 200cc, karbu, knalpot, sprocket ratio dll…bukan std,…FU emang kencang deh…. Pdhl 150cc mangtabh suzuki 1 ini….

  6. ifoelfumi

    meskipun sama2 DOHC tapi stroke fu sedikit lebih panjang dari cbr150 yang kelewat besar perbandingan boreXstroke-nya. andai cb150r nanti boreXstroke-nya mirip2 fu, tentu akan bagus buat stop&go meskipun tetap saja “kalah sedikit” dari nu vixion di putaran bawah menengah.

    Reply
  7. An_Syahri

    Setahuku karakter CBR ataupun Motorsport Honda memang putaran atas baru nendang mas… klo diajak jarak pendek kayake rata-rata keok… tp klo treknya panjang bisa dikentutin mas motor lainnya…

    Reply
      1. sean

        FU ne wis dimodif opo wae kang? Anak yogya masalah oprek2 mesin tak akui joss..

        Shogun wae banyak yang lebih kenceng dari FU standart..

      2. sean

        Kalau sama2 standart, masa iya CBR kalah sama ki demang? Soale aku sering jajal sama FU sam kambing garut aku, FU tertahan terus di belakang..

        Apa iya CBR limiter RPM-nya payah???

  8. yudi

    mantaph.., salah satu kelemahan fu yaitu lemah ditanjakan, diadu sama gl150, kondisi sama2 boncengan, ga bisa mendahului tuh gl150.

    Reply
      1. Nofgi

        Siiippp … Kenceng …
        Coba kapan2 dites pakai GPS.
        Ane sih pengennya ngetes pakai GPS, tapi apa daya HP ane jadul … Hehehe
        #Wong deso.

  9. biker0093

    cbr emg agak lelet kok tarikan awalnya, tenaga baru terasa di rpm 7000an keatas, ane pengguna yg cbr 150fi, klo jarak pendek mending ngalah hehe, tp klo trek panjang, tarikan atasnya enak bgt

    Reply
      1. kalkun

        o iya lupa, dulu waktu pake crystal bobotku cuma 50 kg kurang dikit, sekarang pake fu bobotku…. oh no
        btw, dulu saya biasa ‘berlari’ di ringroad jogja antara per4tan concat sampe per4tan jakal atau dari jombor ke barat :mrgreen:

  10. rider

    1 km itu lumayan juga jaraknya bro dan cbr pake knalpot racing tapi kalah berarti mantap itu fu nya. salut buat suzuki.

    Reply
  11. Lek Man

    Pernah adu speed P220 saya ama FU, FU emang ngacir duluan, sampe kec 110 kpj di spido pulsar, tapi abis itu gampang di salip coz tarikan atas pulsar ngejozz sampe 120-an kpj n baru mulai melambat di 130 an kpj. Tp bebek super ini lebih susah di salip daripada Vixi or CS1. Salut dah buat bebek super.

    Reply
  12. rider sejati

    kemarin ane nyoba new cbr 150r saya cepat kok dpt 140 km/jam,kemarin malahan ane dpt top speed 150km/jam itu masih gear 5 ,rugi cbr pakai gear sampai 6,gear 6 gak pernah ke pakai.gear 5 aja sudah kencang apalagi gear 6 nya,itu sih pengalaman saya.gak nyesal keluarin duit 34 juta hanya untuk beli new cbr 150r

    Reply
    1. irza4627 Post author

      wiw serem amat bro CBRnya sampe topspeed sgitu, klo saya jujur ga brani klo udah diatas 140 kpj. keep safety riding ya bro 🙂

      Reply
  13. Harun

    Saya sudah pernah punya dua duanya gan..
    FU 2011 ..
    soal power oke..
    gigi 1,2,3,4,5 responsif.. kuat ngisi sampai 10.000 rpm.
    kalau dipaksakan sih sekitar 12.300 RPM.
    itu dah agak nahan, karena limit CDI std nya….
    tapi setelah masuk gigi 6.. tnaga serasa turun.
    kemungkinan gigi 6 adalah sebagai penghalus rpm.

    kalau CBR 150 R.
    kebetulan yang Old keluaran 2006.

    masih mantab juga.
    KM sampai 2013 bulan Juli masih 22.000 an lho.

    tarikan Old CBR 150 gigi 1,2 memang halus ..
    mirip supra x 125 r.

    Ngeden gimana gitu.
    dan kalau di lampu merah.
    pas mau jalan,, jika masuk gigi 1 dan mulai gas.
    kalau rider gak terbiasa main rpm.
    kemungkinan CBR 150 mati.
    kalaupun bisa jalan, paling ngeden sampai rpm 4000

    tapi kalau dah masuk rpm 5000 keatas.
    jambakan mesin DOHC Overbore mulai terasa.

    gigi 3,4,5,6 ngisi terus hingga mendekati rpm 11.000.

    kalau FU 2011 ane dulu paling kalau dah masuk gigi 6 gas pol.
    RPM bakal berhenti di angka 9500 an.

    jadi untuk putaran atas dan top speed,, bengis CBR 150 dah.

    Reply

Leave a reply to kharis27 Cancel reply