Bro, setelah menjalani pekan2 yang melelahkan dengan dikejar banyak deadline, akhirnya bisa update lagi blog kecil2an ini .
artikel kali ini cuma mau share pengalaman saya ketemu temen sesama DOHC yaitu Honda CBR150R .
jadi ceritanya begini, lagi riding santai pulang dari aktifitas sehari2 melewati jalan Gejayan(Jogja) yang super macet klo jam2 pulang kerja,matic2 meliuk2 nyelip2 membelah kemacetan. Saya masih santai saja riding di kecepatan 40-50kpj. Tiba2 dari belakang terdengar suara drrrrrroooooommmmmmm…. intip spion eh ternyata CBR 150R dengan knalpot racing ngacir ikut2an matic meliuk2 :mrgeen:. Doi begitu gesit membelah kemacetan, dalam hati iseng2 ah ngikutin dari belakang, hingga akhirnya bertemu di lampu merah. Sambil nunggu lampu merah tengak tengok kiri kanan, begitu lampu hijau CBR langsung melejit wuuuurrrr…. “ikutin lagi ”
saya masih nguntit dibelakang, manteb juga CBR tarikannya bro, sepertinya sangat ringan. Lalu sang joki ngintip spion dan lihat motor saya, eh malah dia panas, makin tancap gas dia ngacir lagi. Dalam hati, coba saja sekalian, jarang2 CBR ngebut, biasanya rider CBR sopan2 kalem2 :mrgreen:. Saya juga ikut puntir gas dalam2, namun tetap safety riding dan mengikuti marka2 dan peraturan lalu lintas bro.
akhirnya ketemu di belakang mobil, dia ganti gear lebih rendah dan gantung rpm, saya pun juga sama. Pindah gear 2 dikecepatan 40kpj gantung rpm dan siap2 melaju. setelah keadaan depan aman dan setelah lebih dulu menghidupkan sein tanda mau menyalip, kami saling tancap gas, CBR melaju lebih dulu diikuti dengan saya. Namun yang terjadi CBR seperti flat/datar tarikannya, dengan mudah saya overtake. Saya tarik dalam2 throttle diikuti suara meraung dibelakang saya suara CBR, ganti gigi 3 lalu 4 dan 5 tp malah CBR semakin menjauh. Ketemu perempatan, turunkan kecepatan lalu ngedim dan klakson dua kali lalu tancap gas lagi. Saat ketemu perempatan CBR sudah mendekat lalu tak mampu mendekat lagi setelah saya tarik gas lagi.
Namun sayang, jalan yang kami lalui termasuk trek pendek, mungkin hanya sekitar 1km kurang lebih, denger2 CBR ganas klo sudah putaran atas ya bro. Mungkin klo trek lebih panjang bisa beda cerita ya . Ditrek pendek mungkin FU sedikit lebih unggul, soalnya FU dari 0-130 termasuk cepat digapai namun klo sudah 130kpj sedikit berat untuk naik. Mungkin CBR klo sudah 100kpj keatas makin ganas (maaf klo salah, soalnya belum pernah pake CBR ).
Last, ini bukan artikel bakar2an bro, cuma mau share sedikit pengalaman ketemu temen DOHC di trek pendek…
MOnggo dishare pendapatnya.
memang BEBEK SUPER itu Ajiiiiiib dah
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/12/doa-fby-akan-terkabul-enggak-ya.html?m=1
emang cbr 150 lemot kok bro
masa bro??? saya blm coba sendiri soalnya
Saya juga pernah tuh perkosa CBR150r, yang lawas. Bengis di 30km/jam keatas gigi satu di 6000-7000rpm, kesananya bengis.
brrti hampir mirip2 ya karakter DOHC 150cc… 😀
DOHC ???
Artikel yang di benci FByahomo….
ga semua seperti itu kok bro 🙂
Setuju gan
FU mank ajiiibz 🙂 http://fimcbloger.wordpress.com/2012/12/07/ktm-duke-390-full-fairing-versi-touring/
DOHC emg ajin
owner cbr mungkin kurang lihai mas mainin gas,,,ya coba aj laen kali kalo ketemu diajak tarikan lg,,,
Mgkn juga bro,lagipula cm trek pendek,klo lbh jauh bs jadi CBR unggul,IMHO
Mantab bebek super emang jos 😀
Pernah coba juga nih old cbr sama fu, cbr baru mulai ngejar waktu gigi 3 keatas huehehe
btw cbr emang lemot mas tarikan awalnya walopun udah gantung rpm masih kaya ngedrop gitu tenaganya kalo langsung di puntir apalagi yang all new.
Kalo yang old tarikan masih lebih responsif lah soalnya emang bobot beda lumayan (115kg vs 13xkg CMIIW)
Tapi kalo atasnya all new cbr baru beringas mas, pernah coba tes old cbr sama new cbr pertama old unggul tapi lama2 kekejar. Tapi lumayan lama ngejarnya trek lurus jauh 🙂
ini berdasarkan pengalamanan ya jadi IMHO sama CMIIW
Wah mantep infonya bro, kira2 ada yg mau minjemin CBR ke saya g ya? Hahahaha
Mampir madiun mas saya pinjemin
Waduuuw jauuh bro…
Mlh liquid engine. .
Hehe
Eakakakak… Kalo CBR 150 aja lemot, gimana nasib adiknya CB15? tambah parah keknya,
Wakakakak…
Blm tau jg bro… dibuktikan aja nanti klo udh brojol
CB150 gir belakangnya katanya beda sama CBR (katanya supaya tarikan bawah lebih nendang). Kita tunggu saja hasil testride-nya. Semua info spek tentang mesin CB150 masih simpang siur.
Oke bro stelah saya restride pasti saya publish artikelny… 🙂
Eakakakak… Kalo CBR 150 aja lemot, gimana
nasib adiknya CB15? tambah parah keknya,
Wakakakak…
Reply ↓
Eakakakak… Kalo CBR 150 aja lemot, gimana
nasib adiknya CB15? tambah parah keknya,
Wakakakak…
Reply ↓
IRZA4627
wow ajib sesama DOHC ,.,, Fu mang ajibbb
pingin cuba Cbr 150 sama Fxr 150.
sama2 sport fairing 20ps, & Fxr trnyata pake karbu lebih besar Mikuni Bs29. 😀
Yoi bro saya jg blm pernah cb dua2nya
satria fu top speednya cuma120an kpj masbro… yg ada di speedo bawaanya itu penyimpangannya sangat besar sekali alias nipu, mungkin tujuannya suzuki utk safety kali (safety psikologis) pernah dijejerin dg vixion gas pol kok disatria nunjukin 147kpj tp divixion cuma 132kpj padahal jejeran lho masbro (riding di pantura batang).
yg jd pertanyaan ane meski sama2 DOHC tp pasti ada bedanya dong? klo ane blm pernah buka cyl headnya fu tp klo cbr udah liat ternyata DOHCnya jumlah camnya cuma 2 artinya 1 cam menumbuk 2 klep lewat semacam tuas mirip rocker arm (aneh memang DOHC kok rocker arm) beda dg dimobil DOHCnya tiap silonder camnyapun ada 4 artinya 1 cam melayani 1 klep.
bgmn dg satria fu?
Santai bro,artikel ini ga bahas topspeed kok,cm share akselarasi… masalah speedo g real saya rasa semua klo on speedo emg g ada yg jujur… masalah buka2 mesin saya kurang paham
Sy pernah adu tarikan dgn FU di bypass krian. Menggunakan pulsar 180cc. Tarikan awal menang pulsar, stlh kecepatan 100kpj speedo pulsar…tuh FU bisa sejajar dan kmdn lewati dikit….begitu topspeed sy naik di +-115 jarak dgn FU ngga bertambah….dan keliatannya topspeed sama…..
Wiiih serem klo smpe topspeed, denger2 speedo bajaj lumayan akurat…
Speedo pulsar generasi lawas 2007-2008 spt pny ane emang lbh kecil angka spido dibanding motor yg lain pada kecepatan sama….tp produksi 2009 (spido putih) keatas udah dikalibrasi lg mirip2 motor jepang….pny ane udah modifan mesin bro, kem, bore up 200cc, karbu, knalpot, sprocket ratio dll…bukan std,…FU emang kencang deh…. Pdhl 150cc mangtabh suzuki 1 ini….
Oooh gt ya bro… makin garang pulsar modifan,standar aja sip kok,saya coba yg 135 aja manteb bro…
waaah duel bareng DOHC DOHC http://brigade15.wordpress.com/wp-admin/post.php?post=1342&action=edit&message=6&postpost=v2
Cuma riding bareng bro
meskipun sama2 DOHC tapi stroke fu sedikit lebih panjang dari cbr150 yang kelewat besar perbandingan boreXstroke-nya. andai cb150r nanti boreXstroke-nya mirip2 fu, tentu akan bagus buat stop&go meskipun tetap saja “kalah sedikit” dari nu vixion di putaran bawah menengah.
Blm ktahuan spek officialnya bro,kita tunggu sama2
Setahuku karakter CBR ataupun Motorsport Honda memang putaran atas baru nendang mas… klo diajak jarak pendek kayake rata-rata keok… tp klo treknya panjang bisa dikentutin mas motor lainnya…
Bisa jadi bro,CBR motor premium…
Nice blog, blogger yang gak fanatik berusaha menetralkan suasana jika ada yang manas2in. nice… 😀 like thiss
Thanx bro 🙂
Artikel yang menyenangkan.
Yayaya.. Mantabbb
Makssih bro 🙂
FU ne wis dimodif opo wae kang? Anak yogya masalah oprek2 mesin tak akui joss..
Shogun wae banyak yang lebih kenceng dari FU standart..
Masih standar ting2 bro….
Kalau sama2 standart, masa iya CBR kalah sama ki demang? Soale aku sering jajal sama FU sam kambing garut aku, FU tertahan terus di belakang..
Apa iya CBR limiter RPM-nya payah???
Santai bro, fu saya standar dan cbrnya g standar entah itu kohar atau apa yg jelas sudah ganti knalpot racing… oke
Iya nih..blogger e apik.. Joss lah… Kapan2 mampir lagi… Keep writting wae brooo…
Thanx bro,makasih jg sudah mampir
mantaph.., salah satu kelemahan fu yaitu lemah ditanjakan, diadu sama gl150, kondisi sama2 boncengan, ga bisa mendahului tuh gl150.
Gitu ya bro?? Btw glnya standard??
hati-hati fu melayang.. keep safety ya bro.. ane gak pernah berani sama cbr, atau fu paling ujung” ketinggalan hehehe
http://bang-o.blogspot.com/2012/12/spyshoot-gan-wkwkwk.html
Safety riding itu pasti bro, syarat mutlah riding
Alhamdulillah FU saya stabil bgt g pernah melayang
joss.. gan. 🙂
Berapa top speed Satria FU sampean masbro ?
Pnasaran nih sama top speed si FU …
Klo punya saya baru 142kpj onspeedo blm mentok, udh ketakutan saya
Siiippp … Kenceng …
Coba kapan2 dites pakai GPS.
Ane sih pengennya ngetes pakai GPS, tapi apa daya HP ane jadul … Hehehe
#Wong deso.
Nanti bro lain kali mgkn saya bikinkan artikelnya
Wah…semoga aja jgn ketemu ane di jalan..nanti di ikutin juga kaya CBR 150R…wkwkwkwkwk…
http://kommotor.com/hasil-yamaha-asean-cup-race-2012/
Ketemu jg gpp bro, siapa tau bisa jadi temen akrab
cbr emg agak lelet kok tarikan awalnya, tenaga baru terasa di rpm 7000an keatas, ane pengguna yg cbr 150fi, klo jarak pendek mending ngalah hehe, tp klo trek panjang, tarikan atasnya enak bgt
Wah manteb ya bro,jd pgn nyoba
Salam sesama pemake fu gan 🙂 http://fimcbloger.wordpress.com/2012/12/08/ini-pesta-bonus-diskon-akhir-tahun-yamaha-kalo-honda/
Yoi gan 🙂
142 kpj belum pol ? mosok sih fu sekencang itu, perasaan sama crystal tune aja masih kalah
yah mungkin stiap orang beda2 cara mengexplorasi motornya, tp punya saya memang segitu 🙂
o iya lupa, dulu waktu pake crystal bobotku cuma 50 kg kurang dikit, sekarang pake fu bobotku…. oh no
btw, dulu saya biasa ‘berlari’ di ringroad jogja antara per4tan concat sampe per4tan jakal atau dari jombor ke barat
wah bisa sering ketemu, saya tiap hari lewat situ
1 km itu lumayan juga jaraknya bro dan cbr pake knalpot racing tapi kalah berarti mantap itu fu nya. salut buat suzuki.
Hehehehe
Diatas kertas sih harusnya tuh cibi menang. Tp ya itu lagi balik ke faktor org n motornya. 🙂
CBRnya mgkn belum keluar keganasannya krn butuh jarak yang cukup juah mungkin IMHO
bisa jadi juga mas
BIASA. Alasannya musti trek kurang panjang.
xixixixi
Lha mau gmn lg bro?
Pernah adu speed P220 saya ama FU, FU emang ngacir duluan, sampe kec 110 kpj di spido pulsar, tapi abis itu gampang di salip coz tarikan atas pulsar ngejozz sampe 120-an kpj n baru mulai melambat di 130 an kpj. Tp bebek super ini lebih susah di salip daripada Vixi or CS1. Salut dah buat bebek super.
pulsar ajiiiib…
sip ajib. ….
suk nak gl ku wes 20 hp on whell tarikan yo mas… xixixixixi
nang dhi yo… ring road coba jal…. wkwkwkwk
ajibbbb……..
ngebut boleh yang penting liat2 kondisi lalin ya bro… 🙂
http://satria155.com/fun-race-150-4tak-sentul-aksi-gila-para-bebek-gila
Sudah pasti bro,safety first
kemarin ane nyoba new cbr 150r saya cepat kok dpt 140 km/jam,kemarin malahan ane dpt top speed 150km/jam itu masih gear 5 ,rugi cbr pakai gear sampai 6,gear 6 gak pernah ke pakai.gear 5 aja sudah kencang apalagi gear 6 nya,itu sih pengalaman saya.gak nyesal keluarin duit 34 juta hanya untuk beli new cbr 150r
wiw serem amat bro CBRnya sampe topspeed sgitu, klo saya jujur ga brani klo udah diatas 140 kpj. keep safety riding ya bro 🙂
Fu emang mantap,,cbr jg jos
Tp vespa lbih bernilai seni tnggi hehehehe
Joos gan artikelx
thanks dah mampir bro
vespa emg keren
Saya sudah pernah punya dua duanya gan..
FU 2011 ..
soal power oke..
gigi 1,2,3,4,5 responsif.. kuat ngisi sampai 10.000 rpm.
kalau dipaksakan sih sekitar 12.300 RPM.
itu dah agak nahan, karena limit CDI std nya….
tapi setelah masuk gigi 6.. tnaga serasa turun.
kemungkinan gigi 6 adalah sebagai penghalus rpm.
kalau CBR 150 R.
kebetulan yang Old keluaran 2006.
masih mantab juga.
KM sampai 2013 bulan Juli masih 22.000 an lho.
tarikan Old CBR 150 gigi 1,2 memang halus ..
mirip supra x 125 r.
Ngeden gimana gitu.
dan kalau di lampu merah.
pas mau jalan,, jika masuk gigi 1 dan mulai gas.
kalau rider gak terbiasa main rpm.
kemungkinan CBR 150 mati.
kalaupun bisa jalan, paling ngeden sampai rpm 4000
tapi kalau dah masuk rpm 5000 keatas.
jambakan mesin DOHC Overbore mulai terasa.
gigi 3,4,5,6 ngisi terus hingga mendekati rpm 11.000.
kalau FU 2011 ane dulu paling kalau dah masuk gigi 6 gas pol.
RPM bakal berhenti di angka 9500 an.
jadi untuk putaran atas dan top speed,, bengis CBR 150 dah.
Cbr old emg joss bro, saya blm prnh coba sama old cbr bro…
btw skrg motornya apa bro??
Penyebab lemotnya itu ukuran ban nya yg gede,jadi cbr kalah star doang!!!
bisa jadi bro